Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Mata Pelajaran : IPA
Program Keahlian : AKUNTANSI
Kelas / Semester : X / 1
Alokasi Waktu : 10 x 45 menit ( 10 JP)
Pertemuan Ke : 1, 2, 3, 4 dan 5
Standar Kompetensi : Memahami gejala-gejala alam melalui pengamatan
Kompetensi Dasar : Mengidentifikasi objek secara terencana dan sistematisuntuk memperoleh informasi gejala alam biotik
Indikator :
Pertemuan 1 :
- Mendeskripsikan metode ilmiah dan langhkah-langkahnya
Pertemuan 2 :
- Menyusun suatu rencana pengamatan tentang keadaan / ciri-ciri suatu objek di lingkungan sekitar
Pertemuan 3 :
- Mengamati langsung tentang keadaan / ciri-ciri suatu objek di lingkungan sekitar
Pertemuan 4 :
- Menyusun laporan hasil pengamatan sesuai metode ilmiah
Pertemuan 5 :
- Diskusi hasil pengamatan tentang keadaan / ciri-ciri suatu objek di lingkungan sekitar
I. Tujuan Pembelajaran :
Pertemuan 1 :
Menjelaskan pengertian metode ilmiah
Menjelaskan langkah-langkah metode ilmiah
Pertemuan 2 :
Menyusun rencana pengamatan sesuai dengan metode ilmiah
Pertemuan 3 :
Melakukan observasi tentang ciri-ciri / keadaan objek
Pertemuan 4 :
Menyusun laporan berdasarkan hasil pengamatan sesuai dengan metode ilmiah
Pertemuan 5 :
Mempresentasikan / mendiskusikan hasil pengamatan secara perkelompok
II. Materi Ajar :
Kerja Ilmiah
III. Metode Pembelajaran :
Metode Ceramah dan Diskusi
Metode Observasi
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 1 :
A. Kegiatan Awal :
Mempersiapkan siswa untuk mengikuti pembelajaran
Menyampaikan informasi tentang apa yang akan dicapai dalam pembelajaran
B. Kegiatan Inti :
Menjelaskan pengertian dari kerja ilmiah
Menjelaskan metode ilmiah dan langkah-langkahnya dengan contoh
Menjelaskan pengertian pengamatan dan pembagiannya
C. Kegiatan Akhir :
Menarik kesimpulan dari pembelajaran
Mengingatkan siswa untuk belajar di rumah dan merancang suatu pengamatan objek sesuai langkah-langkah metode ilmiah
Pertemuan 2 :
A. Kegiatan Awal :
Mempersiapkan siswa untuk mengikuti pembelajaran
Mengulang pelajaran terdahulu untuk mengingatkan kembali supaya lebih mudah mengikuti pelajaran berikutnya
B. Kegiatan Inti :
Memberikan tugas kelompok pada siswa untuk menyusun langkah-langkah metode ilmiah dalam mengamati keadaan / ciri-ciri suatu objek (makhluk hidup)
Mengawasi siswa kerja kelompok dan mengarahkan siswa dalam menyusun rancangan pengamatannya
C. Kegiatan Akhir :
Mengumpulkan rencana pengamatan yang telah disusun siswa
Mengingatkan siswa untuk melakukan pengamatan pada pertemuan berikutnya dan membawa alat bantu masing-masing dalam untuk melakukan pengamatan
Pertemuan 3 :
A. Kegiatan Awal :
Mempersiapkan siswa untuk melakukan pengamatan keadaan / cirri-ciri objek sesuai kelompok masing-masing
B. Kegiatan Inti :
Mengarahkan dan mengawasi siswa dalam melakukan pengamatan sesuai rencana yang telah disusun masing-masing kelompok
Menugaskansiswa untuk mencatat apa-apa saja cirri-ciri objek yang dapat diamati
C. Kegiatan Akhir :
Mengingatkan siswa untuk mengulang pelajaran di rumah
Pertemuan 4 :
A. Kegiatan Awal :
Mempersiapkan siswa untuk mengikuti pembelajaran
Mengulang pelajaran terdahulu untuk mengingatkan kembali supaya lebih mudah mengikuti pelajaran berikutnya
B. Kegiatan Inti :
Menjelaskan bagaimana cara menyusun laporan dari suatu pengamatan berdasarkan metode ilmiah
Menjelaskan apa-apa yang harus ditulis dalam menyusun suatu laporan pengamatan
Menugaskan siswa untuk menuliskan laporan dari pengamatan yang telah dilakukan pada pertemuan sebelumnya berdasarkan kelompoknya
C. Kegiatan Akhir :
Mengumpulkan laporan pengamatan yang telah disusun siswa jika sudah selesai
Mengingatkan siswa untuk menyelesaikan laporan pengamatannya di rumah dan dikumpulkan pertemuan berikutnya untuk dipresentasikan ke depan kelas
Pertemuan 5 :
A. Kegiatan Awal :
Mempersiapkan siswa untuk melakukan diskusi kelas / presentasi hasil pengamatan
Mengatur tempat duduk siswa sesuai dengan kelompoknya
B. Kegiatan Inti :
Menunjuk satu kelompok untuk mempresentasikan laporam hasil pengamatannya
Mempersilahkan kelompok lain untuk bertanya atau memberi saran terhadap laporan pengamatan kelompok yang presentasi di depan kelas
Jika waktu masih memungkinkan satu kelompok lagi ditunjuk untuk mempresentasikan laporan hasil pengamatannya ke depan kelas
C. Kegiatan Akhir :
Menarik kesimpulan dari diskusi yang dilakukan
Mengingatkan siswa untuk mengulang pelajaran di rumah untuk menghadapi ulangan harian – 1 pada pertemuan berikutnya
V. Alat/Bahan/Sumber Belajar :
Buku IPA yang relevan
Alat bantu untuk pengamatan objek
Lingkungan sekitar
VI. Penilaian :
Tes tertulis
Tugas
makalah / laporan pengamatan
Medan, Juli 2008
Mengetahui,
Kepala SMK Ar – Rahman Guru Bidang Studi
Drs. Sukardi, S.Pd Zulkarnain Siregar, S.Pd
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Mata Pelajaran : IPA
Program Keahlian : AKUNTANSI
Kelas / Semester : X / 1
Alokasi Waktu : 4 x 45 menit ( 4 JP)
Pertemuan Ke : 6 dan 7
Standar Kompetensi : Memahami gejala-gejala alam melalui pengamatan
Kompetensi Dasar : Mengidentifikasi objek secara terencanadan sistematis untuk memperoleh informasi gejala alam biotik
Indikator :
Pertemuan 6 :
- Mendeskripsikan ciri-ciri makhluk hidup yang membedakannya dengan benda mati
Pertemuan 7 :
- Mengamati langsung ciri-ciri makhluk hidup yang ada di lingkungan sekitar
I. Tujuan Pembelajaran :
Pertemuan 6 :
Menjelaskan ciri-ciri makhluk hidup yang membedakannya dengan benda mati
Pertemuan 7 :
Melakukan pengamatan tentang cirri-ciri makhluk hidup
II. Materi Ajar :
Makhluk Hidup
III. Metode Pembelajaran :
Metode Ceramah dan Diskusi
Metode Observasi
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 6 :
A. Kegiatan Awal :
Mempersiapkan siswa untuk mengikuti pembelajaran
Menyampaikan informasi tentang apa yang akan dicapai dalam pembelajaran
B. Kegiatan Inti :
Diskusi informasi tentang makhluk hidup
Menjelaskan cirri-ciri makhluk hidup atau perbedaan antara makhluk hidup dengan benda mati
C. Kegiatan Akhir :
Menyimpulkan hasil pembelajaran
Menugaskan siswa untuk menyusun rencana pengamatan tentang cirri-ciri makhluk hidup di rumah untuk kegiatan observasi pertemuan berikutnya
Pertemuan 7:
A. Kegiatan Awal :
Mempersiapkan siswa untuk melakukan pengamatan
Memeriksa rencana pengamatan yang telah disusun oleh siswa secara kelompok
B. Kegiatan Inti :
Mengarahkan dan mengawasi siswa dalam melakukan pengamatan
Menugaskan siswa untuk mencatat semua hasil pengamatan yang berhubungan dengan ciri-ciri makhluk hidup
C. Kegiatan Akhir :
Menugaskan siswa untuk menyusun laporan hasil pengamatannya yang akan dikumpulkan pertemuan berikutnya
V. Alat/Bahan/Sumber Belajar :
Buku IPA yang relevan
Alat bantu melakukan pengamatan
Lingkungan sekitar
VI. Penilaian :
Tes tertulis
Makalah / laporan pengamatan
Medan, Juli 2008
Mengetahui,
Kepala SMK Ar – Rahman Guru Bidang Studi
Drs. Sukardi, S.Pd Zulkarnain Siregar, S.Pd
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Mata Pelajaran : IPA
Program Keahlian : AKUNTANSI
Kelas / Semester : X / 1
Alokasi Waktu : 4 x 45 menit ( 4 JP)
Pertemuan Ke : 8 dan 9
Standar Kompetensi : Memahami gejala-gejala alam melalui pengamatan
Kompetensi Dasar : Mengidentifikasi objek secara terencanadan sistematis untuk memperoleh informasi gejala alam biotik
Indikator :
Pertemuan 8 :
- Mendeskripsikan tingkatan, manfaat, serta cara melestarikan keanekaragaman hayati
Pertemuan 9 :
- Mengamati secara langsung keanekaragaman hayati yang ada di lingkungan sekitar
I. Tujuan Pembelajaran :
Pertemuan 8 :
Menjelaskan tingkat, manfaat, dan pelestarian keanekaragaman hayati
Pertemuan 9 :
Melakukan suatu observasi dalam menentukan keanekaragaman hayati
II. Materi Ajar :
Keanekaragaman Hayati
III. Metode Pembelajaran :
Metode Ceramah dan Diskusi
Metode Observasi
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 8 :
A. Kegiatan Awal :
Mempersiapkan siswa untuk mengikuti pembelajaran
Menyampaikan informasi tentang apa yang akan dicapai dalam pembelajaran
B. Kegiatan Inti :
Diskusi informasi tentang keanekaragaman hayati
Menjelaskan tingkat keanekaragaman hayati dan manfaatnya
Menjelaskan bagaimana hilangnya keanekaragaman hayati dan usaha pelestariannya
C. Kegiatan Akhir :
Menyimpulkan hasil pembelajaran
Menugaskan siswa untuk menyusun rencana pengamatan tentang keanekaragaman hayati
Pertemuan 9:
A. Kegiatan Awal :
Mempersiapkan siswa untuk melakukan pengamatan
Memeriksa rencana pengamatan yang telah disusun oleh siswa secara kelompok
B. Kegiatan Inti :
Mengarahkan dan mengawasi siswa dalam melakukan pengamatan
Menugaskan siswa untuk mencatat semua hasil pengamatan yang berhubungan dengan keanekaragaman hayati
C. Kegiatan Akhir :
Menugaskan siswa untuk menyusun laporan hasil pengamatannya yang akan dikumpulkan pertemuan berikutnya
Mengingatkan siswa untuk belajar siswa dalam menghadapi ulangan harian – 2 pada pertemuan berikutnya
V. Alat/Bahan/Sumber Belajar :
Buku IPA yang relevan
Alat bantu melakukan pengamatan
Lingkungan sekitar
VI. Penilaian :
Tes tertulis
Makalah / laporan pengamatan
Medan, Juli 2008
Mengetahui,
Kepala SMK Ar – Rahman Guru Bidang Studi
Drs. Sukardi, S.Pd Zulkarnain Siregar, S.Pd
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Mata Pelajaran : IPA
Program Keahlian : AKUNTANSI
Kelas / Semester : X / 1
Alokasi Waktu : 4 x 45 menit ( 4 JP)
Pertemuan Ke : 10 dan 11
Standar Kompetensi : Memahami gejala-gejala alam melalui pengamatan
Kompetensi Dasar : Mengidentifikasi objek secara terencanadan sistematis untuk memperoleh informasi gejala alam biotik
Indikator :
Pertemuan 10 :
- Menjelaskan cara-cara mengklasifikasi makhluk hidup
- Menjelaskan kelompok-kelompok makhluk hidup
Pertemuan 11 :
- Menjelaskan kelompok-kelompok makhluk hidup
I. Tujuan Pembelajaran :
Pertemuan 10 :
Menjelaskan langkah-langkah dan macam-macam klasifikasi makhluk hidup
Menjelaskan pengelompokan hewan dan tumbuhan
Pertemuan 11 :
Menjelaskan pengelompokan monera, protista, jamur dan virus
II. Materi Ajar :
Klasifikasi Makhluk Hidup
III. Metode Pembelajaran :
Metode Ceramah dan Diskusi
Metode Latihan
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 10 :
A. Kegiatan Awal :
Mempersiapkan siswa untuk mengikuti pembelajaran
Menyampaikan informasi tentang apa yang akan dicapai dalam pembelajaran
B. Kegiatan Inti :
Diskusi informasi tentang kelompok-kelompok makhluk hidup
Menjelaskan langkah-langkah dan macam-macam klasifikasi makhluk hidup
Menjelaskan pengelompokan hewan dan tumbuhan
C. Kegiatan Akhir :
Menyimpulkan hasil pembelajaran
Menugaskan siswa untuk mengulang pelajaran di rumah
Pertemuan 11:
A. Kegiatan Awal :
Mempersiapkan siswa untuk mengikuti pembelajaran
Mengulang pelajaran terdahulu untuk mengingatkan kembali supaya lebih mudah mengikuti pelajaran berikutnya
B. Kegiatan Inti :
Menjelaskan pengelompokan monera, protista, jamur dan virus
Memberikan tugas latihan pada siswa
C. Kegiatan Akhir :
Mengumpulkan latihan siswa
Mengingatkan siswa untuk belajar di rumah dalam menghadapi ulangan semester yang akan diadakan
V. Alat/Bahan/Sumber Belajar :
Buku IPA yang relevan
Lingkungan sekitar
VI. Penilaian :
Tes tertulis
Tugas
Medan, Juli 2008
Mengetahui,
Kepala SMK Ar – Rahman Guru Bidang Studi
Drs. Sukardi, S.Pd Zulkarnain Siregar, S.Pd
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Mata Pelajaran : IPA
Program Keahlian : AKUNTANSI
Kelas / Semester : X / 2
Alokasi Waktu : 12 x 45 menit ( 12 JP)
Pertemuan Ke : 1, 2, 3, 4, 5 dan 6
Standar Kompetensi : Memahami gejala-gejala alam melalui pengamatan
Kompetensi Dasar : Mengidentifikasi objek secara terencana dan sistematis untuk memperoleh informasi gejala alam abiotik
Indikator :
Pertemuan 1 :
- Menjelaskan bentuk permukaan bumi
- Mengidentifikasi gejala-gejala alam yang terjadi di lingkungan sekitar
Pertemuan 2 :
- Menjelaskan factor-faktor yang menyebabkan terjadinya tsunami
Pertemuan 3 :
- Menjelaskan bagaimana cara-cara mengantisipasi akibat dari terjadinya tsunami
Pertemuan 4 :
- Menjelaskan gerak rotasi dan revolusi bumi
Pertemuan 5 :
- Menjelaskan benda-benda langit
Pertemuan 6 :
- Mengamati terjadinya siang dan malam, gerhana bulan dan gerhana matahari
I. Tujuan Pembelajaran :
Pertemuan 1 :
Menjelaskan bentuk permukaan bumi
Mengetahui gejala-gejala alam yang terjadi di lingkungan sekitar
Pertemuan 2 :
Menjelaskan apa saja yang dapat menyebabkan terjadinya tsunami
Pertemuan 3 :
Mengetahui bagaimana cara mengantisipasi akibat yang ditimbulkan oleh bencana alam
Pertemuan 4 :
Menjelaskan dan membedakan gerak rotasi dengan gerak revolusi oleh bumi
Pertemuan 5 :
Mengetahui apa saja yang termasuk ke dalam benda-benda langit
Pertemuan 6 :
Melakukan pengamatan untuk mengetahui terjadinya siang dan malam, gerhana bulan dan gerhana matahari
II. Materi Ajar :
Bentuk Permukaan Bumi dan Benda Langit
III. Metode Pembelajaran :
Metode Ceramah dan Diskusi
Metode Observasi
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 1 :
A. Kegiatan Awal :
Mempersiapkan siswa untuk mengikuti pembelajaran
Menyampaikan informasi tentang apa yang akan dicapai dalam pembelajaran
B. Kegiatan Inti :
Menjelaskan bentuk permukaan bumi
Mendiskusikan gejala-gejala alam yang terjadi di lingkungan sekitar seperti siang dan malam, pelangi, tsunami dan gempa
C. Kegiatan Akhir :
Menarik kesimpulan dari pembelajaran
Mengingatkan siswa untuk mengulang kembali pelajaran di rumah
Pertemuan 2 :
A. Kegiatan Awal :
Mempersiapkan siswa untuk mengikuti pembelajaran
Mengulang pelajaran terdahulu untuk mengingatkan kembali supaya lebih mudah mengikuti pelajaran berikutnya
B. Kegiatan Inti :
Melakukan diskusi kelas dengan membaca literature tentang factor-faktor yang dapat menyebabkan terjadinya bencana tsunami
C. Kegiatan Akhir :
Menarik kesimpulan dari pembelajaran
Mengingatkan siswa untuk belajar di rumah
Pertemuan 3 :
A. Kegiatan Awal :
Mempersiapkan siswa untuk mengikuti pembelajaran
B. Kegiatan Inti :
Menjelaskan dengan memberikan contoh bagaimana cara mengantisipasi akibat yang dapat terjadi yang disebabkan terjadinya bencana alam
Memberikan soal latihan
C. Kegiatan Akhir :
Mengumpulkan latihan siswa
Mengingatkan siswa untuk mengulang pelajaran di rumah
Pertemuan 4 :
A. Kegiatan Awal :
Mempersiapkan siswa untuk mengikuti pembelajaran
Mengulang pelajaran terdahulu untuk mengingatkan kembali supaya lebih mudah mengikuti pelajaran berikutnya
B. Kegiatan Inti :
Menjelaskan bagaimana proses bumi mengalami rotasi dan berevolusi
Menjelaskan apa pengaruh dari gerak rotasi revolusi terhadap terjadinya pertukaran siang dan malam dan pergantian musim
C. Kegiatan Akhir :
Menarik kesimpulan pembelajaran
Mengingatkan siswa untuk mengulang pelajaran di rumah
Pertemuan 5 :
A. Kegiatan Awal :
Mempersiapkan siswa untuk mengikuti pembelajaran
Mengulang pelajaran yang lewat untuk sekedar mengingatkan kembali
B. Kegiatan Inti :
Menjelaskan apa saja yang termasuk ke dalam benda langit dan apa pengaruhnya terhadap kehidupan manusia di bumi
Menugaskan siswa untuk membuat rencana pengamatan tentang terjadinya siang dan malam, gerhana bulan dan gerhana matahari secara berkelompok untuk pertemuan berikutnya
C. Kegiatan Akhir :
Menarik kesimpulan dari pembelajaran
Mengingatkan siswa untuk menyelesaiakan renacan pengamatan pertemuan berikutnya
Pertemuan 6 :
A. Kegiatan Awal :
Mempersiapkan siswa untuk melakukan pengamatan sesuai kelompoknya
B. Kegiatan Inti :
Mengawasi dan menuntun siswa dalam melakukan pengamatan tentang terjadinya siang dan malam, gerhana bulan dan gerhana matahari
Menugaskan siswa untuk mencatat hasil pengamatan agar dapat membuat kesimpulannya
C. Kegiatan Akhir :
Memeriksa hasil pengamatan siswa
Mengingatkan siswa untuk menyusun laporan pengamatan yang dikumpulkan pada pertemuan berikutnya, dan mengingatkan siswa untuk ulangan harian – 1 pada pertemuan berikutnya
V. Alat/Bahan/Sumber Belajar :
Buku IPA yang relevan
Alat bantu untuk pengamatan objek
VI. Penilaian :
Tes tertulis
Tugas
Makalah / laporan pengamatan
Medan, Juli 2008
Mengetahui,
Kepala SMK Ar – Rahman Guru Bidang Studi
Drs. Sukardi, S.Pd Zulkarnain Siregar, S.Pd
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Mata Pelajaran : IPA
Program Keahlian : AKUNTANSI
Kelas / Semester : X / 2
Alokasi Waktu : 10 x 45 menit ( 10 JP)
Pertemuan Ke : 7, 8, 9, 10, dan 11
Standar Kompetensi : Memahami gejala-gejala alam melalui pengamatan
Kompetensi Dasar : Mengidentifikasi objek secara terencana dan sistematisuntuk memperoleh informasi gejala alam abiotik
Indikator :
Pertemuan 1 :
- Mendeskripsikan mengenai cuaca dan iklim
- Menjelaskan tentang suhu udara dan hubungannya dengan cuaca dan iklim
Pertemuan 2 :
- Menjelaskan tentang awan dan hubungannya dengan cuaca dan iklim
Pertemuan 3 :
- Menjelaskan tentang tekanan dan angina dan hubungannya dengan cuaca dan iklim
Pertemuan 4 :
- menjelaskan tentang kelembaban dan cahaya matahari dan hubungannya dengan cuaca dan iklim
Pertemuan 5 :
- Mengamati terjadinya siklus hujan
I. Tujuan Pembelajaran :
Pertemuan 1 :
Menjelaskan pengertian cuaca dan iklim
Menjelaskan pengaruh suhu udara terhadap cuaca dan iklim
Pertemuan 2 :
Menjelaskan jenis-jenis awan dan pengaruhnya terhadap cuaca dan iklim
Pertemuan 3 :
Menjelaskan pengaruh tekanan dan angin terhadap cuaca dan iklim
Pertemuan 4 :
Menjelaskan pengaruh kelembaban dan cahaya matahari terhadap cuaca dan iklim
Pertemuan 5 :
Melakukan pengamatan tentang terjadinya siklus hujan
II. Materi Ajar :
Cuaca dan Iklim
III. Metode Pembelajaran :
Metode Ceramah dan Diskusi
Metode Observasi
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 1 :
A. Kegiatan Awal :
Mempersiapkan siswa untuk mengikuti pembelajaran
Menyampaikan informasi tentang apa yang akan dicapai dalam pembelajaran
B. Kegiatan Inti :
Menjelaskan pengertian cuaca dan iklim
Menjelaskan berbagai macam suhu udara sesuai dengan waktunya dan bagaimana pengaruhnya terhadap perubahan cuaca dan iklim
C. Kegiatan Akhir :
Menarik kesimpulan dari pembelajaran
Mengingatkan siswa untuk mengulang kembali pelajaran di rumah
Pertemuan 2 :
A. Kegiatan Awal :
Mempersiapkan siswa untuk mengikuti pembelajaran
Mengulang pelajaran terdahulu untuk mengingatkan kembali supaya lebih mudah mengikuti pelajaran berikutnya
B. Kegiatan Inti :
Menjelaskan jenis-jenis awan
Melakukan diskusi kelas mengenai pengaruh awan terhadap perubahan cuaca dan iklim
C. Kegiatan Akhir :
Menarik kesimpulan dari pembelajaran
Mengingatkan siswa untuk belajar di rumah
Pertemuan 3 :
A. Kegiatan Awal :
Mempersiapkan siswa untuk mengikuti pembelajaran
Mengulang pelajaran terdahulu untuk mengingatkan kembali supaya lebih mudah mengikuti pelajaran berikutnya
B. Kegiatan Inti :
Menjelaskan pengertian tekanan dan angin
Menjelaskan pengaruh angin dan tekanan terhadap perubahan cuaca dan iklim
C. Kegiatan Akhir :
Menarik kesimpulan pembelajaran
Mengingatkan siswa untuk mengulang pelajaran di rumah
Pertemuan 4 :
A. Kegiatan Awal :
Mempersiapkan siswa untuk mengikuti pembelajaran
Mengulang pelajaran terdahulu untuk mengingatkan kembali supaya lebih mudah mengikuti pelajaran berikutnya
B. Kegiatan Inti :
Menjelaskan pengertian kelembaban udara dan hubungannya dengan cahaya matahari
Menjelaskan apa pengaruh kelembaban dan cahaya matahari terhadap perubahan cuaca dan ikllim
C. Kegiatan Akhir :
Menarik kesimpulan pembelajaran
Mengingatkan siswa untuk menyusun rencana pengmatan tentang siklus hujan yang akan dilakukan pertemuanberikutnya
Pertemuan 5 :
A. Kegiatan Awal :
Mempersiapkan siswa untuk melakukan pengamatan
Memeriksa rencana pengamatan yang dibuat oleh siswa secara kelompok
B. Kegiatan Inti :
Membimbing dan mengarahkan siswa dalam melakukan pengamatan siklus hujan
Menugaskan siswa untuk mencatat semua hal yang dapat diamati selama pengamatan berlangsung
C. Kegiatan Akhir :
Menugaskan siswa untuk menyusun laporan pengamatan dan dikumpulkan pertemuan berikutnya
Mengingatkan siswa untuk belajar di rumah dalam menghadapi ulangan harian – 2 pada pertemuan berikutnya
V. Alat/Bahan/Sumber Belajar :
Buku IPA yang relevan
Alat bantu untuk pengamatan objek
VI. Penilaian :
Tes tertulis
Tugas
Makalah / laporan pengamatan
Medan, Juli 2008
Mengetahui,
Kepala SMK Ar – Rahman Guru Bidang Studi
Drs. Sukardi, S.Pd Zulkarnain Siregar, S.Pd
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Mata Pelajaran : IPA TERPADU
Program Keahlian : AKUNTANSI
Kelas / Semester : X / 2
Alokasi Waktu : 8 x 45 menit ( 8 JP)
Pertemuan Ke : 12, 13, 14, dan 15
Standar Kompetensi : Memahami gejala-gejala alam melalui pengamatan
Kompetensi Dasar : Mengidentifikasi objek secara terencana dan sistematis untuk memperoleh informasi gejala alam abiotik
Indikator :
Pertemuan 1 :
- Mendeskripsikan mengenai lingkungan abiotik
- Menjelaskan tentang tanah dan macam-macamnya
Pertemuan 2 :
- Menjelaskan tentang air dan macam-macamnya
Pertemuan 3 :
- Menjelaskan tentang udara, lapisannya dan fungsinya
Pertemuan 4 :
- Mengamati kandungan materi dalam tanah
I. Tujuan Pembelajaran :
Pertemuan 1 :
Menjelaskan pengertian lingkungan abiotik
Menjelaskan macam-macam tanah dan kegunaannya
Pertemuan 2 :
Menjelaskan macam-macam air dan kegunaannya
Pertemuan 3 :
Menjelaskan tentang udaua dan lapisan-lapisannya serta fungsinya bagi kehidupan
Pertemuan 4 :
Melakukan pengamatan tentang kandungan materi dalam tanah
II. Materi Ajar :
Lingkungan Abiotik
III. Metode Pembelajaran :
Metode Ceramah dan Diskusi
Metode Observasi
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 1 :
A. Kegiatan Awal :
Mempersiapkan siswa untuk mengikuti pembelajaran
Menyampaikan informasi tentang apa yang akan dicapai dalam pembelajaran
B. Kegiatan Inti :
Menjelaskan pengertian lingkungan abiotik dan contohnya
Menjelaskan berbagai macam tanah dan lapisannya dan kegunaannya bagi kehidupan
C. Kegiatan Akhir :
Menarik kesimpulan dari pembelajaran
Mengingatkan siswa untuk mengulang kembali pelajaran di rumah
Pertemuan 2 :
A. Kegiatan Awal :
Mempersiapkan siswa untuk mengikuti pembelajaran
Mengulang pelajaran terdahulu untuk mengingatkan kembali supaya lebih mudah mengikuti pelajaran berikutnya
B. Kegiatan Inti :
Menjelaskan jenis-jenis air yang terdapat di alam sebagai lingkungan abiotik
Melakukan diskusi kelas mengenai macam-macam air dan kegunaannya bagi kehidupan
C. Kegiatan Akhir :
Menarik kesimpulan dari pembelajaran
Mengingatkan siswa untuk belajar di rumah
Pertemuan 3 :
A. Kegiatan Awal :
Mempersiapkan siswa untuk mengikuti pembelajaran
Mengulang pelajaran terdahulu untuk mengingatkan kembali supaya lebih mudah mengikuti pelajaran berikutnya
B. Kegiatan Inti :
Menjelaskan pengertian udara dan lapisan-lapisannya
Menjelaskan fungsi dari lapisan-lapisan udara bagi kehidupan
C. Kegiatan Akhir :
Menarik kesimpulan pembelajaran
Mengingatkan siswa untuk menyusun rencana pengmatan tentang siklus hujan yang akan dilakukan pertemuan berikutnya
Pertemuan 4 :
A. Kegiatan Awal :
Mempersiapkan siswa untuk melakukan pengamatan
Memeriksa rencana pengamatan yang dibuat oleh siswa secara kelompok
B. Kegiatan Inti :
Membimbing dan mengarahkan siswa dalam melakukan pengamatan tentang kandungan materi dalam tanah
Menugaskan siswa untuk mencatat semua hal yang dapat diamati selama pengamatan berlangsung
C. Kegiatan Akhir :
Menugaskan siswa untuk menyusun laporan pengamatan dan dikumpulkan pertemuan berikutnya
Mengingatkan siswa untuk belajar di rumah dalam menghadapi ulangan harian – 3 pada pertemuan berikutnya dan ulangan semester yang akan dilaksanakan
V. Alat/Bahan/Sumber Belajar :
Buku IPA yang relevan
Alat bantu untuk pengamatan objek
VI. Penilaian :
Tes tertulis
Tugas
Makalah / laporan pengamatan
Medan, Juli 2008
Mengetahui,
Kepala SMK Ar – Rahman Guru Bidang Studi
Drs. Sukardi, S.Pd Zulkarnain Siregar, S.Pd
Rabu, 31 Maret 2010
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar